"BAGI WARGA PERUMAHAN GRAHA SURYA MAS YANG INGIN MENYUMBANGKAN ARTIKEL UNTUK BULETIN ATAU BLOG INI, SILAHKAN KIRIMKAN ARTIKELNYA KE EMAIL KAMI : ertedelapanmedia@gmail.com ATAU HUBUNGI TIM REDAKSI, TERIMAKASIH"

BEBERAPA TIPS DAN CARA MENDIDIK ANAK AGAR JADI ANAK YANG BAIK

| Jumat, 14 Maret 2014
Setiap orang tua pasti mendambakan seorang anak pintar yang bisa membanggakan kedua orang tuanya baik di dunia maupun akherat. Oleh karenannya sering kita jumpai dalam setiap acara tasyakuran walimatul aqiqah, walimatul khitan permintaan shohibul hajjah pada para undangan akan harapan dan doa agar putera/puterinya akan jadi anak yang sholeh dan sholihah yang dapat membanggakan kedua orang tua, bangsa dan agama.

Tentu harapan dan do’a ini harus disertai dengan upaya kedua orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik dan benar.

Sekarang yang menjadi pertanyaaan adalah bagaimanakah cara mendidik anak yang baik dan benar itu.. ?, terlebih pada zaman neomodern seperti sekarang ini sering kita jumpai baik suami maupun isteri yang keduannya sama-sama bekerja ataupun kalau tidak demikian masing2 mempunyai aktifitas yang padat, sehingga tidak mempunyai waktu yang cukup untuk merawat, mengawasi dan mendidik anaknya di rumah. Jikalau demikian maka baby siter, full day school, penitipan anak akan mungkin menjadi solusinya.

Jika anda mempunyai waktu yang cukup ataupun sedikit dirumah bersama anak, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam upaya memberikan pendidikan kepada anak2 kita, yaitu :

1.       MENANAMKAN KEPADA ANAK AGAR MEREKA MENYAYANGI DAN MENCINTAI DIRI MEREKA SENDIRI.

      Caranya adalah mulailah dari diri anda sendiri. Selalu sediakan waktu bagi anak di tengah kesibukan             harian Anda. Sediakan waktu untuk berolahraga, merawat diri, dan meluangkan waktu untuk                         pengembangan pribadi Anda. Sadarkah kita bahwa orangtua yang tidak menghargai dirinya sendiri akan       membesarkan anak dengan sifat serupa.

2.       JADIKAN SETIAP WAKTU ANDA BERSAMA ANAK MERUPAKAN WAKTU YANG SANGAT BERHARGA.

      Tunjukkan betapa bahagiaanya anda saat bersama anak-anak. Jadilah ‘Ahli Gembira’ bagi putra-putri 
      anda. Buatlah saat-saat yang tidak terlupakan dan berkesan pada saat sedang bersama dengan anak,             bermain, memeluk, berbagi tawa dan cerita dapat membuat saat-saat biasa menjadi tak terlupakan.               Jadikan waktu anda sangat berkualitas bersama putera-puteri anda.

3.       JADILAH PENDENGAR YANG BAIK BAGI ANAK.

       Untuk melakukan hal ini memang tidak mudah. Terutama disaat orang tua sedang lelah dengan aktifitas          rutin pekerjaan kantor ataupun pekerjaan rumah akan mempunyai kecenderungan untuk mengabaikan            apapun yang disampaikan anak2 nya. Sering kali pada saat anak bercerita tentang suatu hal, orang tua          menyela dan enggan untuk mendengarkan apa yang sedang di ceritakan sang anak. Cobalah untuk                mendengarkan anak sepenuhnya tanpa harus menghakimi. Kita perlu menahan diri untuk tidak                      memikirkan atau memberikan pendapat kita sendiri. Dengarkan mereka dengan hati yang terbuka dan            penyayang. Lupakanlah diri Anda dan tempatkanlah diri Anda pada sudut pandang anak Anda. Ajukan        pertanyaan-pertanyaan sebagai ganti dari memberikan pendapat. Cara orang tua mendengarkan tanpa          menghakimi akan membuat anak merasa diterima dan dimengerti.

4.       TUNJUKKAN RASA BAHAGIA DAN GEMBIRA UNTUK MECIPTAKAN SUASANA YANG MENYENANGKAN.

      Pernakah anda melakukan hal ini..?? anggaplah pada saat ini diri anda di  tantang ’untuk 24 jam                     tersenyum bersama keluarga’ ! Anda akan menyaksikan keajaiban dari kegembiraan dan kasih sayang           yang Anda bawa kepada orang-orang di sekitar Anda. Buatlah momen sehari-hari menjadi luar biasa             berkat kegembiraan dan semangat yang Anda bawa ke dalamnya.

5.       DIDIK ANAK KEDISIPLINAN SEJAK DINI DENGAN MEMBERIKAN CONTOH KEPADA ANAK.

      Salah satu sukses mendidik anak adalah dengan tagakny kedisiplinan dalam kesaharian anak. Ajarkanlah       anak turut bertanggung jawab atas tugas-tugas rutin dalam rumah tangga dengan cara yang                             menyenangkan, bukan dengan perintah yang kejam. Anak yang secara aktif turut dilibatkan dalam tugas         rutin dalam rumah tangga pada masa dewasanya akan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih                     besar.Perbaiki kesalahan mereka dengan kelembutan dan kasih sayang namun Anda harus terus-                   menerus konsisten. Berikan konsekuensi yang wajar dari pelanggaran dengan tujuan untuk mengajarkan         tanggung jawab. Janganlah memarahi apalagi mempermalukan anak di depan orang lain atas kesalahan           yang mereka perbuat.

6.       BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA ANAK.

       Coba lah latih diri anda agar senantiasa  memberikan penghargaan terhadap setiap keberhasilan, bahkan        yang paling kecil sekalipun, yang telah Anda lakukan hari ini. Ajarlah diri Anda untuk memberikan                  penghargaan yang tulus atas tugas-tugas sederhana yang dikerjakan anak. Penghargaan ini akan                    memberi semangat anak untuk menjalankan tugas yang lebih besar.

Inilah beberapa cara mendidik anak yang bisa diterapkan, dengan harapan anda akan menjadi sukses menjadi seorang orang tua. Tidak lah ada artinya point di atas jika hanya sekedar di baca tanpa di lakukan dan tanpa ketulusan yang dalam. Pada dasarnya kebaikan dan kesuksesan anak anda saat ini serta yang akan datang ada ditangan anda.


Oleh karena ini lakukan yang terbaik untuk anak anda karen sesungguhnya mereka lebih berharga harta dan pekerjaan yang selama ini banyak menghabiskan waktu anda. Ingat..??? Sukses itu bukan hasil dari sebuah perjuangan. Namun sukses itu adalah prosess dari sebuah perjuangan untuk menjadi lebih baik..??

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲